Strategi Investasi Reksadana yang Menguntungkan

Strategi Investasi Reksadana yang Menguntungkan

Jika Anda memiliki ketertarikan di dalam dunia investasi, reksadana mungkin sudah tidak asing lagi Anda dengar. Berbeda dengan saham, jenis instrumen ini dikelola oleh seseorang, sehingga campur tangan si pemilik modal begitu minim. Tetapi, sebagai investor, Anda harus berhati-hati menanamkan uang Anda pada reksadana.

Berikut beberapa strategi melakukan tanam modal reksadana yang bisa Anda ikuti, antara lain:

1. Pilih manajemen yang mempunyai track record baik
Track record dari manajemen sebenarnya bisa dilihat dari hasil yang ia peroleh selama 5 tahun, apakah mengalami kerugian atau keuntungan. Memang, saat mengalami kerugian hal tersebut sah-sah saja, namun perhatikan dengan baik berapa presentase kerugian yang dialami.

2. Pertimbangan nominal
Sekarang ini nilai paling minim yang bisa Anda setorkan Rp 100 ribuan. Bila ingin menyetorkan dalam jumlah lebih, tak ada salahnya. Namun, pertimbangkan nominal yang pas, untuk memperoleh keuntungan maksimal. Sesuaikan nominal sesuai dengan kondisi keuangan yang Anda miliki.

3. Lakukan secara bertahap
Investor diperbolehkan menyetor uang dengan nominal tertentu setiap bulan. Selain itu nominal yang disetor harus sama. Bila setoran bulan pertama Rp 1 juga, setoran kedua Rp 1 juta. Cara bertahap ini cocok bagi mereka yang tidak memiliki modal besar.

4. Tentukan jumlah unit yang ingin Anda beli
Dalam reksadana, Anda boleh membeli unit dalam jumlah tertentu setiap bulan. Contohnya 300 unit di bulan pertama, 500 unit di bulan kedua. Bila harga di bulan kedua lebih mahal dibandingkan bulan pertama, tentu Anda harus membayar lebih mahal, namun tenang Anda bisa menjual unit yang sudah dibeli kapan pun ketika harga merangkak naik.

Meskipun menguntungkan, pahami reksadana dengan baik. Jika Anda ingin mencoba menyiapkan dana pensiun menggunakan reksadana, Anda bisa menggunakan Tanamduit. Memiliki team yang berkompeten di bidangnya, dana yang Anda miliki akan bisa dikelola dengan baik. Anda bahkan bisa memilih aplikasi asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan. Jadi, saat galau menyiapkan dana untuk kebutuhan di masa depan, Tanamduit jawabannya.

Tinggalkan Balasan