Review

Perkembangan Fisik dan Bahasa pada Bayi 8 dan 10 Bulan

Bayi mengalami tumbuh kembang yang sejalan dengan pertambahan usia sehingga para orang tua harus mengatur strategi yang tepat untuk menstimulasi tumbuh kembangnya. Perkembangan bayi 8 bulan, misalnya, sudah mulai aktif bergerak dan mengggit karena giginya mulai tumbuh. Nantinya saat memasuki tahap perkembangan bayi 10 bulan, tumbuh kembangnya semakin jauh sehingga sayang dilewatkan.

Perkembangan Fisik dan Bahasa Bayi Usia 8 dan 10 Bulan

1. Tahap Perkembangan Usia 8 Bulan

Bayi yang telah berumur 8 bulan, sudah mulai mengalami perkembangan fisik yang signifikan karena tulang-tulangnya sudah menguat sehingga lebih stabil saat digunakan untuk bergerak. Pada usia ini, bayi akan pandai tengkurap, merangkak, dan berguling. Selain itu, genggaman tangannya pun mulai kuat dan stabil sehingga mampu memegang, mengambil dan menangkap suatu objek.

Selain perkembangan fisik yang semakin pesat, bayi usia 8 bulan juga sudah menunjukkan kemampuan bahasanya ditandai dengan ocehan yang beragam. Bayi mulai pandai mengucapkan kata sederhana seperti ‘mama’, ‘papa’, dan kata lain yang belum ada artinya. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu mengajaknya berbicara dan merespons apa yang dikatakannya secara aktif.

2. Tahap Perkembangan Usia 10 bulan

Saat bayi sudah memasuki usia 10 bulan, fisiknya sudah berkembang semakin baik. Si Kecil akan mampu duduk sendiri dengan lebih stabil, dan berdiri secara perlahan. Selain itu, posisi jongkok pun dapat dilakukan dengan mudah tanpa bantuan orang lain. Bayi usia 10 bulan juga gemar memungut dan memindahkan barang tanpa masalah.

Dari sisi kemampuan bahasa, kosakata bayi usia 10 bulan sudah berkembang lebih banyak. Selain itu, mereka sudah mampu mengucapkan kata yang lebih kompleks seperti ‘kucing’, ‘sendok’, ‘piring’, dan benda-benda lain yang sering didengar. Pada usia ini, bayi juga mengalami semacam mood swing sehingga tidak perlu khawatir apabila bayi berubah pendiam atau murung suatu saat.

Sangat menarik mengikuti setiap tahapan perkembangan anak, bukan? Oleh sebab itu, sebagai orang tua yang peduli harus mengusahakan untuk mendampingi dan turut andil untuk menunjang tumbuh kembang bayi secara optimal. Selain itu, pemberian asupan nutrisi juga perlu diperhatikan dengan baik karena kebutuhan nutrisi bervariasi tergantung pada usia bayi.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan