Mengenal Macam dan Fungsi Spare Part dan Tools Handphone

Mengenal Macam dan Fungsi Spare Part dan Tools Handphone

Ketika mendengar kata “spare part” yang pertama kali terlintas di pikiran kita pasti kalau tidak mobil atau motor. Padahal spare part tidak hanya berhubungan dengan otomotif, karena spare oart sendiri diartikan sebagai komponen barang yang memiliki fungsinya sendiri dan membentuk satu kesatuan.

Sehingga, seperti otomotif, teknologi komunikasi seperti handphone atau smartphone yang kita pegang setiap hari ini juga memiliki spare part-nya sendiri. Handphone juga memiliki komponen-komponen baik besar maupun kecil yang berfungsi sehingga dapat kita gunakan.

Karena spare part membentuk satu kesatuan, maka apabila ada satu komponen yang tidak berfungsi, maka akan mengganggu kerja keseluruhan sistem handphone tersebut.

Lalu, apa saja yang termasuk dalam spare part handphone? Dan apa saja fungsinya? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Layar LCD (Liquid Crystal Display)
LCD adalah salah satu bagian penting dari sebuah handphone. LCD berfungsi untuk menampilkan berbagai macam gambar, informasi, dan aktivitas pada ponsel. Sebelum ada layar sentuh seperti handphone jaman sekarang, layar handphone berukuran kecil dan hanya untuk menampilkan gambar dan informasi, tidak untuk berinteraksi karena ada keypad.

Sedangkan sekarang, bahkan setiap produsen handphone semakin berlomba-lomba dalam seri handphone terbaru mereka dengan membuat layar yang semakin lebar dengan resolusi yang terbaik.

Karena LCD adalah salah satu bagian penting, maka apabila LCD rusak akan sangat berpengaruh sehingga handphone tidak dapat berfungsi dengan baik. Ketika LCD rusak, biasanya hanya menampilkan layar putih atau hitam.

2. Speaker
Speaker berfungsi untuk menghasilkan atau mengeluarkan suara dari sinyal digital. Biasanya, speaker ini berupa lubang-lubang kecil di bagian pinggir (atas atau bawah) atau belakang handphone.

Jika speaker ini rusak, maka saat ada telfon atau saat memutar file audio dan video tidak akan ada suara yang keluar.

3. Microphone
Kalau speaker berfungsi untuk mengeluarkan suara, microphome kebalikannya, yaitu menangkap suara. Microphone akan menangkap frekuensi suara disekitarnya kemudian diubah menjadi sinyal digital yang dipahami CPU handphone.

Kerusakan pada microphone dapat berakibat pada lawan bicara yang kita telfon tidak dapatmendengar suara kita karena mic gagal menangkap frekuensi suara.

4. IC (Integrated Circuit)
IC memiliki banyak jenis yang memiliki fungsinya masing-masing, misalnya CPU. CPU bisa dibilang pusat sistem kerja handphone, karena merupakan serangkaian komponen yang terintegrasi.

Selain CPU, ada juga RAM yang berfungsi sama seperti komputer yaitu untuk menyimpan data yang sedang diakses. Semakin besar kapasitas RAM handphone, maka semakin baik dan lancar handphone beroperasi.

5. Kabel Fleksibel
Kabel ini berfungsi sebagai penghubung antara layar dengan mesin handphone. Output yang dihasilkan oleh sistem akan disalurkan ke layar melalui kabel ini. Begitu pula sebaliknya, input pengguna berupa sentuhan di layar akan disalurkan ke CPU untuk diproses dan disalurkan kembali ke layar untuk ditampilkan.

Selain spare part diatas, ada juga beberapa kompomen penting lain, seperti baterai yang memberi daya atau tenaga dengan memberi arus listrik pada handphone, plugin untuk menghubungkan asupan listrik, vibrator sebagai alat getar, dan buzzer yang menghasilkan nada dering.

Nah, itulah macam-macam dan fungsi dari spare part handphone. Saat ini, banyak juga yang menjual spare part handphone bahkan di situs-situs jual beli online.

Tinggalkan Balasan