Ini Dia Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Model Baju Batik Untuk Wanita

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa batik merupakan warisan budaya Indonesia yang memang seharusnya dilestarikan oleh generasi muda. Corak dan model baju batik yang mempunyai berbagai bentuk ini juga begitu populer, bahkan hingga ke berbagai belahan mancanegara. Setiap batik mengusung ciri khasnya masing-masing mulai dari corak, motif, hingga proses pembuatannya yang ditenun dan di cap. Tak hanya itu saja, setiap daerah di Indonesia juga mempunyai batik khasnya tersendiri.

Sejalan dengan waktu yang terus bergulir, perkembangan corak batik juga tidak terlepas dari pengaruh modernisasi dan budaya luar yang dibawa oleh para pedagang ke Indonesia. Alhasil, hal tersebut menciptakan corak dan motif batik yang sangat beragam. Pada awalnya, baju batik ini selalu diidentikan dengan pakaiannya orang dewasa. Namun, kini baju batik pun sudah mulai digemari oleh kalangan remaja. Tentu saja hal itu juga tidak terlepas dari perkembangan fashion batik yang menghadirkan nuansa kekinian. Nah, berbicara soal baju batik, berikut di bawah ini ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat hendak memilih model baju batik untuk wanita :

1. Sesuaikan Baju Batik Dengan Bentuk Tubuh Anda
Untuk para perempuan, tentu saja menyesuaikan model baju batik dengan bentuk tubuh itu merupakan hal yang sangat penting. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, hal tersebut merupakan tahap awal yang bisa membuat penampilanmu menjadi lebih menarik dan enak dipandang. Jika kamu memang memiliki bentuk tubuh yang ideal, tentunya tidak akan terlalu sulit bagi kamu saat memilih model baju batiknya. Lain halnya jika kamu berbadan gemuk atau kurus, yang mungkin akan mendapat sedikit masalah saat memilih model baju batik mana yang cocok. Maka dari itu, kamu harus benar-benar paham baju batik yang dapat menyamarkan bentuk tubuhmu agar terlihat tidak terlalu gemuk maupun tidak terlihat kurus.

2. Pemilihan Bahan Yang Tepat
Agar mendapatkan kenyamanan saat mengenakan baju batiknya, tentu saja kamu harus memilih bahan yang tepat. Ada beragam bahan kain batik yang tersedia dipasaran seperti kain sutra, kain mori, kain tenun, dan kain rayon. Setiap bahan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam hal ini, sangat disarankan bagi kamu untuk memilih bahan yang bertekstur halus, agar dapat menyerap keringat sehingga sejuk dan nyaman saat dipakai. Dengan begitu, baju batik tersebut pun bisa kamu gunakan untuk kegiatan sehari-hari.

3. Pilihlah Desain Baju yang Sesuai Dengan Lingkungan Kerja
Jika sudah mendapatkan bahan dan ukuran yang tepat, maka kamu juga jangan sampai lupa untuk memilih desain baju yang sesuai dengan lingkungan kerja. Sebab, hal ini juga dapat mempengaruhi kenyamanan dalam menggunakan baju batiknya lho. Dalam lingkungan kerja, sebaiknya kamu memilih corak dan model yang simple namun tetap elegan. Tak hanya itu, perhatikan pula warna dari batiknya dan carilah warna agak terang sehingga bisa memberikan kesan elegan. Sedangkan saat hendak menghadiri acara formal seperti peresmian perusahaan, sebaiknya kamu memilih baju batik yang warnanya gelap atau monokrom, sehingga dapat memberikan kesan casual dan elegan.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih model baju batik. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, tentu saja kamu pun dapat tampil lebih menarik lagi dengan baju batiknya.

Leave a Reply