Desain Rumah Minimalis Sebagai Bagian Gaya Hidup

Desain Rumah Minimalis Sebagai Bagian Gaya Hidup

Memiliki rumah yang nyaman untuk ditinggali tentu merupakan impian setiap orang. Desain rumah yang menarik akan mampu memberikan kenyamanan yang bisa membuat kita betah tinggal di rumah. Namun seringkali masih banyak yang bingung mengenai desain rumah apa yang cocok. Begitu banyaknya pilihan tentu semakin mempermudah kita dalam menentukan desain seperti apa yang paling sesuai. Namun, tidak sedikit juga yang justru merasa bingung akibat terlalu banyaknya pilihan. Salah satu desain rumah menarik yang dapat dipilih adalah desain rumah minimalis.

Desain Rumah Minimalis

Masih banyak orang yang belum memahami konsep minimalis. Masih banyak yang beranggapan bahwa desain rumah minimalis berarti membatasi penggunaan properti seminimal mungkin. Padahal, konsep rumah minimalis bukanlah demikian. Di dalam dunia arsitektur, desain minimalis berarti memilih dan menggunakan perabotan berdasar fungsi yang paling fundamental. Konsep minimalis dalam dunia arsitektur berarti berfokus pada hal-hal yang sifatnya benar-benar esensial serta fungsional.

Yang menjadi penegas desain minimalis adalah bentuk serta pola yang memiliki aksen geometris serta minim tambahan pernak-pernik dekorasi. Desain rumah minimalis lebih berfokus pada dua elemen utama, yakni unsur pencahayaan yang sederhana namun elegan serta terciptanya ruang kosong dari dikuranginya unsur tiga dimensi dalam desain.

Minimalis Sebagai Sebuah Gaya Hidup

Masih banyak orang yang berpendapat bahwa desain rumah minimalis hanya mengenai aspek desain semata. Padahal jika dirunut lebih dalam, desain minimalis merupakan manifestasi dari gaya hidup yang kemudian mempengaruhi gaya arsitektur rumah minimalis. Sederhananya, jika kita sendiri tidak terbiasa dengan gaya hidup ‘minimalis’, tentu tidak akan tercipta kenyamanan saat kita tinggal di rumah minimalis.

Jadi ada baiknya sebelum kita hendak memilih minimalis sebagai desain rumah yang kita pilih, kita harus benar-benar memahami mengenai gaya hidup minimalis. Desain rumah serta gaya hidup minimalis ini sendiri berasal dari filosofi Zen dari negara Jepang. Konsep filosofi Zen memiliki makna bahwa semakin sedikit benda yang digunakan, maka akan semakin damai kehidupan yang dimiliki oleh seseorang itu.

Apakah Desain Rumah Minimalis Harus Selalu Beraksen Dasar Kotak atau Ada Alternatif Lain?
Jawabannya adalah tidak. Desain rumah minimalis dapat memiliki alternatif bentuk selain hanya kotak sederhana. Misalnya, bentuk desain platonik geometri dapat juga anda pilih. Namun yang perlu digarisbawahi adalah, jika memang akhirnya bentuk kotak tetap menjadi kebutuhan dasar, maka bentuk ini tetap dapat dipilih karena kebutuhan dan fungsionalnya, bukan semata hanya karena mengikuti tren yang ada.

Yang harus diingat, minimalis tetap harus menjadi payung utama dari setiap proses yang dilakukan. Setiap detail harus berlandaskan konsep ini. Misalnya, desain garis harus benar-benar tegak lurus terhadap bidang datar sehingga menghasilkan pertemuan yang lugas di setiap sudutnya. Material, sirkulasi serta pencahayaan harus benar-benar dioptimalkan agar desain rumah minimalis dapat benar-benar tercapai.

Pencahayaan Sebagai Elemen Utama Desain Rumah Minimalis

Salah satu elemen terpenting yang harus diperhatikan dalam menentukan desain rumah minimalis adalah pencahayaan. Ada dua jenis pencahayaan yang bisa dipilih untuk desain rumah minimalis. Di antaranya adalah :

1. Sumber pencahayaan matahari

Jendela rumah dapat digunakan sebagai sumber utama pencahayaan dengan cahaya matahari. Cara yang paling sederhana adalah menggunakan jendela kaca yang ditutup menggunakan tirai berbahan cukup tebal atau dengan tirai yang memiliki warna cerah yang bisa memantulkan dengan baik cahaya matahari yang masuk ke dalam.

2. Sumber pencayaan lampu

Selain pencahayaan dari sinar matahari, kita juga bisa menggunakan bermacam-macam pilihan cahaya lampu. Kita bisa memilih desain lampu seperti apa yang paling sesuai untuk rumah kita. Selain variasi desain lampu, kita juga bisa bermain pada tata letak lampu yang akan kita pasang. Baik itu diletakkan di lantai, meja atau digantung di langit-langit ruangan.
Apakah Desain Rumah Minimalis Murah Hanya Karena Mengandung Unsur ‘minimal’?

Desain rumah minimalis menekankan pada desain yang tegas, sederhana, solid dan berfokus pada efisiensi. Mahal atau murahnya suatu rumah tentu sangat dipengaruhi oleh kualitas bahan yang dipilih serta desain yang digunakan. Selain itu, desain yang dibuat oleh arsitek dan kemudian dipilih juga sangat mempengaruhi harga. Seberapa baik desain arsitektur mampu memenuhi keinginan anda terhadap desain rumah minimalis tentu akan sangat mempengaruhi harga.

Desain rumah minimalis yang solid ditambah dengan kualitas bahan serta furnitur yang berkualitas baik akan membuat rumah minimalis yang anda buat tampak elegan dan tidak tampak terkesan ‘murahan’. Jadi, semua kembali kepada seberapa jeli anda bermain dengan dua hal tersebut.

Apakah Rumah Minimalis Nyaman Untuk Ditinggali?

Semua kembali lagi terhadap gaya hidup anda. Seperti yang sudah dibahas di tulisan di atas, bahwa minimalis adalah gaya hidup yang artinya semua kembali mengakar pada pola dan gaya hidup masing-masing individu. Sebaik dan seberkualitas apapun desain rumah minimalis yang dibuat namun jika penghuninya tidak terbiasa dengan gaya hidup minimalis atau terbiasa dengan gaya hidup mewah, tentu saja tetap tidak akan merasa nyaman tinggal di dalamnya.

Pun sebaliknya, jika penghuninya terbiasa dengan pola dan gaya hidup yang minimalis, sesederhana apapun desain dan bahan yang digunakan maka tinggal di rumah minimalis akan terasa sangat nyaman dan menyenangkan. Jadi kesimpulannya, gaya hidup sangat berpengaruh dalam menciptakan sebuah persepsi saat tinggal di rumah minimalis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *