Cek-cek Dulu Hal Ini Sebelum Kamu Beli Laptop Bekas Ya

Cek-cek Dulu Hal Ini Sebelum Kamu Beli Laptop Bekas Ya

Laptop sekarang menjadi gadget yang hampir nggak lepas dari kebutuhan kita, entah mau buat skripsi, main game, buat desain, dan sebagainya. Jadinya nggak heran lagi kalau semakin banyak saja orang yang mencari laptop. Tapi, nggak semua orang punya anggaran lebih buat beli laptop baru, sehingga beli laptop bekas menjadi pilihannya.

Mungkin sebagian dari kamu masih ada yang ragu-ragu nih buat beli laptop yang sudah pernah dipakai orang lain. Entah karena takut harganya nggak sesuai atau malah kondisinya yang sudah susah dioperasikan lagi. Makannya, coba kamu cek-cek dulu beberapa halnya seperti di bawah ini.

Cek Kondisi Fisik Laptop
Pengecekan pertama yang gampang banget kamu lakukan yaitu cek kondisi fisiknya. Keadaan fisik laptop bekas biasanya nggak menentu, ada yang masih mulus atau ada juga yang sudah banyak lecet-lecet, bahkan ada bagian yang retak.

Kalau kamu lihat bodinya ada yang terlihat patah atau retak, sebaiknya urungkan saja niatmu buat membelinya. Biasanya kalau fisiknya sudah ada yang retak kemungkinan besar laptopnya sudah pernah terjatuh. Bisa jadi komponen di dalamnya juga terpengaruh rusak.

Cek Kondisi Layar
Lebih baik kamu bertemu langsung deh kalau mau beli laptop second. Kenapa? Karena kamu juga harus melihat secara pasti kondisi layarnya. Coba kamu nyalakan dulu laptopnya apakah layarnya masih mengeluarkan gambar yang bagus tanpa ada bintik-bintiknya atau nggak. Caranya dengan mengganti wallpaper-nya dengan gambar hitam polos.

Kalau terlihat ada warna lain selain hitamm berarti layarnya sudah rusak. Cek juga apakah ada layarnya yang terkena goresan atau nggak ya.

Cek Kondisi Soketnya
Memeriksa laptop bekas sama saja kalau kamu mengecek HP bekas. Lubang-lubang kabelnya juga harus kamu periksa juga apakah masih berfungsi dengan baik atau nggak. Coba kamu masukan flashdisk, SD Card, headset, atau kabel HDMI. Masih normal nggak soket-soketnya? Kalau masih normal, berarti kamu masih bisa menggunakannya dengan baik.

Selain itu, kalau laptop yang kamu mau beli ada slot DVD-nya, coba kamu masukan saja CD apa pun ke dalamnya dan lihat apakah slotnya masih berfungsi dengan baik atau nggak.

Cek Kondisi Keyboard dan Speaker
Keyboard adalah komponen penting pada laptop yang harus kamu periksa juga. Pastikan keyboard-nya masih berfungsi dengan baik agar saat menggunakannya kamu nggak ada kendala apa-apa. Buat mengetesnya, buka saja aplikasi Word atau Notepad buat memeriksa huruf mana yang masih berfungsi. Kalau semuanya masih, berarti kamu nggak usah khawatir lagi.

Selain itu, periksa juga kondisi speakernya. Coba saja kamu mainkan beberapa musik agar bisa mengetahui kualitas suara speakernya. Kalau terasa pecah-pecah, artinya speaker-nya sudah mulai mengalami kerusakan.

Cek Harddisk
Komponen terakhir yang harus kamu periksa adalah harddisk. Menjadi media penting buat menyimpan data-data kamu, makannya kamu harus mengeceknya dengan benar-benar. Buat mengetesnya, coba kamu lakukan copy paste suatu file dengan ukuran yang besar ke folder lainnya. Kalau pemindahannya lama tidak sesuai dengan spesifikasi kecepatannya, berarti harddisk itu terindikasi badsector.

Sebelum kamu beli laptop bekas, coba kamu lakukan survey langsung ke laptop yang mau kamu beli. Meski harganya murah, jangan buru-buru beli ya, belum tentu kondisinya masih bisa berfungsi dengan baik.

Tinggalkan Balasan