Cara Mengusir Nyamuk yang Ampuh Dilakukan

Cara Mengusir Nyamuk yang Ampuh Dilakukan

Nyamuk adalah tipe serangga yang bisa membawa penyakit. Itulah mengapa, keberadaannya harus diperhatikan. Jangan sampai nyamuk yang berkeliaran bisa menjadi penyebab seseorang jatuh sakit. Keberadaan nyamuk semakin banyak ketika memasuki musim penghujan. Pemerintah, melalui iklan layanan masyarakat, selalu memberi imbauan untuk melakukan berbagai macam hal yang dapat mengurangi jumlah nyamuk. Cara mengusir nyamuk ini bisa kamu pelajari tidak hanya dari iklan layanan masyarakat tersebut. Berikut ini adalah caranya.

Sarang nyamuk harus dibasmi
Sesuai dengan imbauan yang diberikan pemerintah, penting bagi Anda untuk menghapus sarang nyamuk yang mungkin ada di lingkungan rumah. Pertama, kuras bak mandi di rumah minimal sebanyak satu kali dalam seminggu. Akan lebih baik bila Anda juga memberikan obat abate. Obat abate yang berbentuk bubuk sangat efektif untuk membersihkan jentik-jentik nyamuk. Anda tidak perlu menaburkan bubuknya secara berlebihan. secukupnya saja setelah bak mandi dibersihkan dan diisi dengan air bersih.

Selain bak mandi, bagian lain yang mungkin tergenang air, seperti toilet, juga perlu dibersihkan. Akan lebih baik bila proses pembersihan menggunakan cairan anti septik. Selain menghilangkan sarang nyamuk, cairan tersebut juga terbukti bisa menghilangkan kotoran atau organisme lain yang juga memungkinkan untuk timbulnya penyakit. Jangan lupa pula untuk menutup lubang di lingkungan rumah yang memiliki kemungkinan untuk tergenang air. Beberapa peralatan yang bisa dipakai air untuk menggenenang sebaiknya juga dibalik atau dibersihkan agar tidak menjadi sarang nyamuk yang mengkhawatirkan.

Jangan terlalu banyak menggantung baju dan lakukan fogging
Baju yang tergantung secara sembarangan dan dalam jumlah yang banyak bisa menjadi sarang nyamuk. Maka dari itu, sangat disarankan untuk Anda agar tidak menggantung banyak baju. Bila baju yang digantung sudah terasa terlalu banyak, lebih baik cuci baju-baju tersebut. Rajin mencuci baju juga akan menghindarkan Anda dari penyakit kulit yang mungkin bisa terjadi. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan fogging atau pengasapan.

Fogging adalah cara membunuh berbagai jenis nyamuk menggunakan asap. Memang cara ini membutuhkan waktu yang lama karena rumah perlu didiamkan beberapa saat sampai bau asap hilang. Namun, cara ini ternyata ampuh. Apalagi bila nyamuk bersarang di tempat yang sulit terjangkau. Dengan menggunakan fogging, nyamuk yang bersembunyi pun akan mati sehingga rumah Anda menjadi lebih aman dari serangan nyamuk.

Rumah yang terbebas dari nyamuk juga bisa dibuat agar menjadi terang dan tidak lembab. Nyamuk sangat menyukai area yang gelap. Maka dari itu, penting untuk selalu memberikan pencahayaan di setiap sudut rumah. selain memberi pencahayaan, kamu juga bisa memberi warna yang tidak gelap untuk lingkungan rumah. Menurut penelitian yang telah dilakukan, nyamuk tidak menyukai warna-warna pastel termasuk kuning. Warna tersebut bisa kamu aplikasikan agar nyamuk enggan untuk bersarang.

Alat pembunuh nyamuk dan tumbuhan yang bermanfaat
Anda bisa menjaga anggota keluarga dari serangan nyamuk dengan memberikan kasa di ventilasi rumah. Agar semakin aman, Anda juga bisa memasang kelambu yang digunakan ketika tidur. Selain itu, ketika memiliki waktu santai dengan anggota keluarga yang lain, jangan ragu untuk memakai raket nyamuk. Setiap nyamuk yang menyerang, Anda bisa membunuhnya dengan raket tersebut. Selain menggunakan peralatan tambahan, Anda juga bisa menanam tumbuhan yang tidak disukai nyamuk, seperti lavender, jeruk dan lain sebagainya.

Beberapa cara yang telah disebutkan sangat efektif mengurangi jumlah nyamuk di rumah Anda. Cara-cara tersebut sebaiknya dilakukan secara rutin, ya.

Tinggalkan Balasan