5 Tempat Wisata Alam Memukau di Bandung, Mampir Yuk!

5 Tempat Wisata Alam Memukau di Bandung, Mampir Yuk!

Jauh sebelum tempat wisata kekinian dan instagramable bermunculan, Bandung lebih dulu dikenal karena pesona alam yang memukau. Kurang sah jika pergi ke Kota Kembang tanpa menjelajahi keindahan panoramanya dari dekat.

Mengapa kamu nggak segera liburan ke Bandung untuk melihatnya dengan mata kepala sendiri? Berikut 5 tempat wisata alam memukau yang membuat kamu ingin kembali ke Bandung lagi dan lagi.

Sanghyang Heuleut Cipatat

Sanghyang Heuleut (Sumber: youtube.com)

Berlokasi di Cipatat, Bandung Barat, Sanghyang Heuleut adalah sebuah laguna kecil yang bersembunyi di balik punggung tebing-tebing tinggi dan hutan lebat. Konon, tebing itu terbentuk akibat letusan Gunung Sunda, sebuah gunung purba. Sementara, masyarakat setempat mempercayai mitos bahwa laguna ini tempat mandi para bidadari.

Untuk sampai di laguna berair jernih ini, kamu harus trekking sekitar 2 jam dari titik kedatangan di kawasan PLTA Saguling. Meski jalurnya cukup curam dan licin, pecinta alam pasti senang menjelajahi kawasan sejuk dengan hutan yang masih alami ini.

Tebing Gunung Hawu
Kamu penggemar olahraga panjat tebing? Tidak jauh dari Tebing Citatah, kamu bisa bergelantungan seperti si manusia laba-laba di Tebing Gunung Hawu. Di sini adalah tempat terbaik untuk memanjakan mata dengan pemandangan matahari terbit. Bahkan, kamu boleh banget tiduran di hammock yang menggantung antara dua tebing sambil menikmati panorama menakjubkan dari ketinggian.

Nama Gunung Hawu berasal dari sebuah lubang besar yang berada di tengah bebatuan kapur. Dalam bahasa Sunda, kata “hawu” berarti tungku untuk memasak. Kalau kamu cukup beruntung, siapkan kamera untuk mengabadikan momen ketika sinar matahari menerobos lubang besar tadi. Pasti kamu bakal speechless melihatnya!

The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya memang terdengar sebagai destinasi wisata mainstream. Namun, bagi kamu yang ingin menikmati suasana alam dengan dukungan fasilitas lengkap, inilah tempat terbaik. Aktivitas trekking hanya satu dari sekian banyak kegiatan yang bisa kamu nikmati.

Berfoto-foto di berbagai spot unik dan menantang sudah cukup untuk menguji adrenalin kamu, seperti sky swing, sky tree, dan zip bike. Bahkan, kamu juga bisa berkemah di The Lodge Maribaya sambil menikmati udara sejuk, hutan pinus yang memenuhi perbukitan, dan panorama luar biasa indah.

Gunung Putri
Gunung Tangkuban Perahu jelas lebih populer daripada Gunung Putri. Namun, kamu akan menjumpai pemandangan spektakuler di Gunung Putri, Lembang. Tempat ini sering menjadi tujuan trekking mereka yang tengah beraktivitas outbound di sekitar kawasan Jayagiri Cikole.

Berbeda dengan Gunung Tangkuban Perahu yang identik dengan kawah, Gunung Putri menawarkan panorama kota berselimut kabut dan hutan pinus lebat dari atas puncaknya. Anda juga bisa menjumpai puing-puing benteng peninggalan Belanda yang diduga berdiri pada era Perang Dunia I yang masih berdiri kokoh. Menarik kan?

Perkebunan Teh Cukul, Pangalengan

Perkebunan Teh Cukul (Sumber: abkan.blogspot.com)

Ada beberapa perkebunan teh yang bisa kamu sambangi di Bandung. Salah satunya Perkebunan Teh Cukul, Pangalengan. Terletak di dataran tinggi, udara sejuk bakal menggoda kamu untuk berlama-lama di sini. Selain itu, kamu bisa menemukan telaga indah dengan air tenang, yang bernama Situ Cukul.

Kamu pun dapat menjumpai sebuah vila bergaya Eropa di tengah perkebunan teh. Mungkin kamu bingung bagaimana bisa ada bangunan megah di sini, tetapi anehnya vila itu justru tampak selaras dengan deretan semak-semak pohon teh yang berjajar rapi.

Masih banyak tempat wisata alam lain di Bandung, tetapi 5 destinasi di atas wajib masuk itinerary kamu. Langkah berikutnya, kamu tinggal berburu tiket murah ke Bandung lewat aplikasi Airy. Nikmati perjalanan yang lebih fleksibel berkat fitur refund dan reschedule. Kamu juga bisa merancang perjalanan bisnismu dengan aplikasi yang sama. Tak perlu khawatir soal harga dan transaksi, di Airy semua terjamin keamanannya dan bebas penipuan.

Siap menjelajahi pesona alam Bandung bersama Airy?

Tinggalkan Balasan