Yuk, Berenang Agar Bebas dari Diabetes!

Yuk, Berenang Agar Bebas dari Diabetes!

Selain mengontrol asupan gula, olahraga juga perlu dijalankan untuk menghindari risiko diabetes. Salah satunya adalah dengan berenang.

Penyakit diabetes melitus atau juga sering disebut diabetes bisa sangat mengganggu produktivitas, karena bisa menimbulkan penyakit berbahaya lainnya, seperti gangguan jantung. Agar terhindar dari risiko tersebut, olahraga secara rutin amat dibutuhkan. Selain jalan kaki, Anda juga bisa mencoba berenang sebagai variasi.

Dijelaskan oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, diabetes melitus adalah salah satu penyakit berbahaya yang menyebabkan berbagai komplikasi, sehingga mengancam nyawa. Itulah sebabnya, penderita diabetes dituntut untuk rutin berolahraga.

Berenang untuk kesehatan
Dari beragam jenis olahraga, salah satu jenis yang direkomendasikan adalah berenang. Menurut dr. Alvin, penderita diabetes disarankan untuk rutin berolahraga setidaknya lima kali dalam seminggu. Durasi per sesinya minimal adalah 30 menit.

Hal ini dilakukan agar metabolisme tubuh semakin baik. Bagi Anda yang terlanjur memiliki diabetes, olahraga rutin seperti berenang dapat mengurangi risiko kondisi diabetes menjadi semakin parah.

Hal yang perlu menjadi catatan adalah bila kondisi diabetes yang Anda miliki telah parah. Saran dari dr. Alvin, sebaiknya jangan terlalu banyak bergerak.

“Jika komplikasi diabetes sudah menjalar ke kaki, Anda dianjurkan untuk tidak banyak bergerak, supaya luka tidak membesar,” jelasnya.

Imbangi dengan asupan sehat
Pola makan adalah kunci agar Anda terhindar dari diabetes. Dengan mengatur asupan sebaik mungkin, diabetes tak perlu dikhawatirkan. Sebisa mungkin, hindari makan dalam jumlah yang berlebihan.

“Salah satu hal penting yang berperan dalam mengendalikan penyakit diabetes adalah kontrol gula darah yang baik. Tindakan ini dapat dilakukan secara rutin dengan mengunjungi dokter. Dengan demikian, kadar gula darah Anda tetap terkontrol,” ucap dr. Alvin.
Asupan nutrisi yang disarankan adalah memperbanyak konsumsi karbohidrat kompleks yang bisa ditemukan pada beras merah, oatmeal dan roti gandum. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji seperti ayam goreng, kentang goreng, sebab mengandung lemak jahat yang bisa memicu diabetes.

Penyakit diabetes tentunya berkaitan dengan gaya hidup sehari-hari. Selain dengan mengontrol makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, olahraga seperti berenang menjadi kiat sukses menghindari penyakit tersebut. Tunggu apa lagi? Ayo mulai rutin berenang!

Tinggalkan Balasan