Trend Pakaian Tahun 90-an dan 80-an yang Cocok Dipakai Tahun 2018

1. Jaket Denim
Jaket denim atau jaket jeans yang banyak dijumpai di abad ke 21 ini ternyata pernah jadi trend di tahun 80-an dan 90-an. Awalnya jaket denim menjadi trend pakaian di kalangan anak-anak rock n roll yang mencerminkan jiwa muda dan bebas.

Namun seiring berkembangannya, jaket denim nggak hanya digunakan oleh anak-anak rock n roll, tetapi juga digemari oleh berbagai kalangan. Bahkan nggak cuma anak muda saja, orangtua pun banyak yang memakai jaket denim. Jika kamu merasa sebagai seseorang yang berjiwa muda, menggunakan jaket denim ketika hangout bersama sahabat atau menghadiri acara nonformal bakal cocok sekali dengan kamu.

2. Mom Jeans
Istilah moms jeans tampaknya kurang terkenal di Indonesia dibandingkan dengan ripped jeans dan skinny jeans atau celana pensil. Moms jeans merupakan model celana jeans yang pada bagian bawahnya digulung hingga tingginya melebihi mata kaki. Model celana jeans ini sempat booming di tahun 2016 dan 2017 lalu dan ternyata pernah menjadi trend pakaian di tahun 90-an.

Celana ini cocok digunakan untuk menghadiri acara nonformal dan semi formal. Untuk acara semi formal, kamu bisa memadukan mom jeans dengan sepatu pantofel dan blazer.

3. Blazer
Blazer merupakan jas yang tidak memiliki pasangan celana panjang. Penggunaan blazer telah ada sejak puluhan tahun lalu. Blazer cocok digunakan untuk menghadiri pesta pernikahan, promnight, pesta ulang tahun bahkan acara formal. Blazer cocok dipadukan dengan berbagai macam celana mulai dari celana jeans hingga celana kain. Untuk acara yang bersifat nonformal kamu bisa memadukan blazer dengan kaos, celana jeans dan sepatu kets atau sneaker.

Untuk acara formal, padukanlah blazer dengan kemeja, celana jeans atau celana kain dan sepatu pantofel.

4. Ripped Jeans
Pernah melihat orang-orang yang memakai celana jeans yang bagian paha hingga betis sobek-sobek? Ternyata celana jeans sobek-sobek itu punya nama, lho yaitu ripped jeans. Ripped jeans mulai mejadi trend pakaian di tahun 80-an, tetapi penggunaannya tetap berjaya di setiap era termasuk di tahun 2018. Ripped jeans lebih pas digunakan untuk acara santai. Jika kamu kuliah di jurusan seni, menggunakan ripped jeans untuk kuliah bakal matching banget.

Kamu bisa menggunakan ripped jeans dengan perpaduan antara tank top dan kemeja lengan panjang yang tidak dikancingkan ataupun kardigan. Menggunakan kemeja lengan panjang dengan cara memasukkan bagian bawahnya ke dalam ripped jeans juga bakal terlihat kece.

5. Crop Top
Crop top adalah model baju yang memperlihatkan perut penggunanya. Model atasan ini sedang menjadi trend pakaian di Korea Selatan sejak tahun 2015. Crop top cocok digunakan saat berlibur khususnya ke tempat yang panas seperti pantai. Crop top juga cocok digunakan untuk menghadiri pesta outdoor.

6. Half shoulder
Half shoulder adalah model baju yang memperlihatkan keindahan pundak penggunanya. Atasan half shoulder paling tepat digunakan saat pesta formal seperti pesta dansa dan pesta pernikahan. Kamu juga bisa menggunakan pakaian half shoulder untuk pergi kuliah.

7. Celana Kodok
Celana kodok awalnya digunakan oleh para pegawai tambang. Namun lambat laun penggunaan celana kodok justru menjadi trend pakaian. Celana kodok bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan. Penggunaannya bisa dikombinasikan dengan kaos lengan pendek maupun lengan panjang. Celana kodok bisa kamu gunakan untuk pergi ke acara santai dan kuliah. Jangan lupa padukan dengan sepatu kets atau sneakers ya supaya penampilanmu makin coozy.

8. Blus
Blus adalah salah satu pakaian yang bisa digunakan di berbagai jenis acara, baik formal maupun informal. Mulai dari sekadar hangout dengan geng kamu, pergi kuliah hingga menghadiri pesta pernikahan. Untuk hangout dan pergi kuliah kamu bisa memadukan blus dengan celana jeans atau moms jeans.

Sementara untuk menghadiri acara formal kamu bisa menggunakan celana kain atau rok panjang/pendek dengan model yang mekar. Jika blus yang kamu kenakan tidak memiliki motif, sebaiknya bawahannya menggunakan celana atau rok bermotif. Jika blus kamu bermotif ada baiknya gunakan bawahan polos agar tidak terlalu ramai.

9. Celana Jeans Super Pendek
Trend pakaian dari tahun 90-an yang masih terus bertahan hingga saat ini adalah celana jeans super pendek. Penggunaan celana jeans yang pendeknya kira-kira satu setengah jengkal di atas lutut ini paling cocok digunakan saat berlibur ke pantai, danau, air terjun atau saat berenang. Kamu bisa memadukan celana jeans super pendek dengan tank top, kaos crop top, atau kaos lengan pendek biasa.

10. Celana Kulot
Celana kulot yang terkesan kuno ini ternyata cocok lho digunakan di tahun 2018. Agar tetap terlihat fashionable, kamu bisa memadukan celana kulot dengan beberapa pakaian berikut :
• Kaos lengan panjang yang dimasukkan ke dalam celana kulot
• Kaos lengan pendek yang dimaskkan ke celana kulot+cardigan
• Kaos lengan pendek atau tanpa lengan dengan model cut top
• Jaket denim yang tidak dikancingkan

Sementara untuk sepatunya kamu bisa menggunakan sesuai dengan selera dan acara yang kamu hadiri. Kamu bisa menggunakan sepatu kets, sneaker, high heels, flat shoes atau wedges. Celana kulot bisa digunakan untuk berbagai macam acara baik itu formal, semi formal atau nonformal

11. Long Cardigan
Karena cardigan merupakan outer, maka atasan ini bisa kamu padu-padankan dengan atasan dan bawahan apapun seperti:
• Kos+celana super pendek+sandal
• Moms jeans+Kaos yang dimasukkan ke moms jeans+sneaker
• Ripped jeans+kaos (bagian bawahnya tidak perlu dimasukkan ke dalam ripped jeans)+high heels/wedges
• Dress+high heels
• Kemeja+skinny jeans+sepatu pantofel

Perpaduan cardigan di atas tidaklah mutlak, kamu bisa memadukan cardigan dengan berbagai macam atasan, bawahan dan alas kaki sesuai dengan pilihan kamu. Jangan ragu untuk mencoba memadukan beragam atasan, bawahan dan alas kaki. Siapa tahu hasil mix and match yang kamu lakukan bisa menjadi trend pakaian terbaru.

Leave a Reply