Tips Tangani Luka dan Mencegah Bekasnya

Tips Tangani Luka dan Mencegah Bekasnya

Luka yang Anda alami saat tergores atau terjatuh baik di kaki maupun tangan bisa saja menimbulkan masalah di kemudian hari jika tidak ditangani dengan benar. Bekas luka bisa mengganggu penampilan hingga mempengaruhi kepercayaan diri. Banyak orang mencari cara cepat menyembuhkan luka agar tidak meninggalkan bekas pada lengan dan wajah.

Bagaimana Cara Menangani Luka dengan Benar?

Nah sebelum mulai merawat luka yang tak sengaja terjadi, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu bahwa luka pada area tertentu di tubuh ternyata bisa membutuhkan waktu yang berbeda dari area lain.

Misalnya luka di lutut dan siku akan lebih lama sembuhnya dibanding luka di lengan. Ini karena permukaan kulit di siku lebih sering bergerak ketimbang lengan. Namun demikian Anda juga bisa meminimalkan gerakan pada area tersebut agar luka bisa cepat sembuh. Cara lain yang bisa Anda coba antara lain;

1. Jaga Kebersihan Luka
Hal wajib dalam merawat luka adalah dengan menjaga kebersihannya. Hindarkan paparan debu, pasir ataupun kotoran lain dari luar dengan cara rajin membilasnya dengan air mengalir atau cairan infus.

Jika luka terlihat sudah mengalami infeksi, maka nanah akan muncul pada bidang luka tersebut. Bersihkan cairan tersebut menggunakan cairan antiseptic secara teratur untuk menjaga luka tetap steril.

2. Usahakan Tidak Menutup Luka
Pada luka yang terbuka, terdapat semacam bakteri anaerob yang tidak bisa bertahan dari paparan oksigen udara bebas. Maka dari itu, biarkan luka Anda terbuka dan kelembabannya tetap terjaga dalam kondisi normal.

Anda boleh saja menutup luka saat hendak mandi atau untuk mencegah luka terkena kain pakaian maupun sepatu untuk sementara. Usahakan luka tidak terkena air maupun keringat dalam waktu yang lama.

3. Menahan Diri
Salah satu godaan yang terberat saat merawat luka adalah menahan diri dari rasa gatal dan mengelupas permukaan luka yang mengering. Ternyata, mengelupas luka sebelum waktunya justru memicu iritasi yang memperlama masa penyembuhan.

Untuk meredakan rasa gatal yang muncul saat luka akan mengering, Anda bisa menggunakan cara menepuk-nepuk pelan atau mengompresnya menggunakan air hangat di area sekitar luka. Selalu tahan diri dari reflek menggaruk ketika rasa gatal mengganggu.

4. Oleskan Salep
Ketika luka sudah benar-benar mengering ditandai dengan mengelupasnya “koreng” dan terlihat bekas luka di kulit, Anda bisa menggunakan salep penghilang bekas luka yang banyak dijual di apotek secara teratur.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan pada luka Anda agar tidak meninggalkan bekas luka yang mengganggu penampilan. Masih ada tips merawat luka lainnya di https://www.guesehat.com/ yang bisa jadi tambahan wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan