Tips Memilih Busana untuk Menghadiri Pesta Pernikahan

Pesta pernikahan adalah jenis pasta yang lumayan sering kita hadiri karena selalu saja ada kerabat, sanak saudara, sahabat, hingga teman yang melangsungkan pernikahan. Dan sudah menjadi sebuah kebiasaan umum, menghadiri pernikahan biasanya dilakukan dengan mengenakan pakaian pakaian yang bagus dan terlihat menarik. Tapi walaupun zaman semakin modern, bukan berarti kita harus melupakan nilai-nilai ketimuran dan adat istiadat maupun budaya yang berlaku di masyarakat, khususnya di lingkungan tempat kita tinggal.

Pandai memilih busana untuk menghadiri berbagai event atau acara akan membuat kita terlihat pantas dan lebih berwibawa. Sebaliknya, mengenakan pakaian pakaian yang bagus tapi kurang pantas seringkali membuat kita jadi pusat perhatian dan bahan gunjingan.

Nah, agar saat menghadiri pesta pernikahan kamu tetap menarik tanpa terlihat berlebihan, kamu bisa mengikuti beberapa tips memilih busana untuk menghadiri pesta pernikahan berikut ini.

Terbuat dari bahan yang berkualitas dan desain kekinian

Jika kamu memilih menggunakan model baju kebaya Muslim untuk menghadiri pernikahan teman misalnya, sebaiknya pilihlah yang terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas atau bagus dan yang modelnya kekinian. Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap tuan rumah, mengenakan pakaian yang bagus tidak akan membuatmu terlihat aneh. Pasalnya, Saat ini semakin jamak kita temukan tamu undangan menghadiri sebuah pesta pernikahan dengan pakaian terbaik yang mereka miliki.

Tak peduli desain kekinian, pakaian yang kamu pilih harus tetap mengedepankan kesopanan

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, pernikahan dianggap sebagai acara yang sakral dan perlu dihormati. Sehingga jangan heran apabila banyak tamu undangan yang menggunakan pakaian-pakaian berbau tradisional dan terlihat sangat sopan seperti model baju kebaya Muslim hingga baju batik.

Pilihlah yang bernuansa religi atau tradisional

Banyak masyarakat yang melangsungkan pernikahan sambil menggelar upacara adat. Di Jawa misalnya, pernikahan-pernikahan biasanya masih diselingi dengan berbagai kegiatan yang kental dengan nuansa adat. Sehingga, sudah sewajarnya sebagai tamu undangan, kita juga bisa menempatkan diri untuk menghormati budaya mereka.

Di antara cara menghormati tuan rumah yang mengundang adalah dengan memilih busana yang bernuansa tradisional seperti batik. Atau, bisa juga memilih model baju kebaya Muslim yang mengkoordinasikan antara kesan tradisional dan nuansa religi.

Hindari mengenakan pakaian yang terlihat glamour

Sah-sah saja jika kamu memilih pakaian yang modelnya kekinian atau modern. Tapi akan jadi sesuatu yang kurang pantas Jika kamu menggunakan pakaian yang terkesan terlalu glamor. Misalnya, pakaian yang penuh dengan kerlap kerlip.

Hindari mengenakan pakaian serba putih atau serba hitam

Pakaian serba putih lebih cocok digunakan oleh kedua mempelai. Sehingga, bagi kita para tamu undangan, mengenakan pakaian selain serba putih akan lebih pantas. Sebaliknya, mengenakan pakaian serba hitam juga dianggap kurang pantas mengingat pakaian ini lebih cocok dikenakan untuk menghadiri pemakaman atau undangan duka cita.

Pakaian dari bahan jeans hanya cocok untuk anak muda

Mengenakan pakaian berbahan jeans dianggap kurang sopan untuk menghadiri acara-acara yang agak resmi seperti undangan pesta pernikahan. Walau demikian, jenis pakaian seperti ini masih tetap bisa ditolerir jika dikenakan oleh anak-anak muda atau remaja yang masih single.

Itulah beberapa tips memilih busana untuk menghadiri pesta pernikahan yang bisa kamu coba terapkan untuk dirimu maupun keluarga agar terlihat lebih sopan dan lebih pantas. Sehingga, tuan rumah akan merasa dihargai. Dan sebaliknya, tuan rumah juga akan mengapresiasi apa yang kamu lakukan.

Leave a Reply