Tips Memilih Busana Muslim Anak yang Tepat Ketika Berbelanja di Mall

Membeli pakaian untuk anak-anak pastinya sering dilakukan oleh para orang tua. Baik itu pakaian yang akan digunakan untuk bepergian maupun untuk keseharian di rumah biasanya sudah bisa dipilih sesuai dengan selera anak ketika anak sudah menginjak usia di atas 6 tahun. Cara yang umum dilakukan adalah dengan mengajak anak langsung ikut berbelanja di mall atau pasar dimana Anda akan menemukan banyak model pakaian.

Hal itu juga yang dapat dilakukan untuk membelikan anak busana muslim. Umumnya anak akan memilih sesuai dengan warna favorit atau gambar yang ada di dalam busana tersebut. Namun untuk pemilihan busana muslim anak sebaiknya Anda ikut andil dalam pemilihan agar si kecil mendapatkan busana yang bukan hanya tertutup namun sudah sesuai dengan syariat.

Meski anak kecil belum diwajibkan menutup aurat secara sempurna namun kebiasaan sejak kecillah yang akan dipakai hingga kelak mereka dewasa. Karenanya jika Anda ingin kelak putra-putri Anda menggunakan busana muslim yang baik untuk keseharian, maka hal tersebut harus diperkenalkan sejak mereka kecil. Caranya adalah dengan memberikan mereka busana muslim dan mengajarkan mereka untuk mulai menggunakan busana muslim secara perlahan hingga mereka bisa mengenakan dan menerapkannya dengan baik. Namun hal tersebut perlu dilakukan dengan sabar karena bukan merupakan hal yang baik jika Anda menanamkan ajaran dengan cara memaksa anak kecil.

Cara mengenalkan mereka pada busana muslim yang sesuai dengan syariat bisa dimulai ketika Anda akan mengajak anak untuk berbelanja busana muslim anak di mall. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan agar anak Anda secara bertahap menyukai penggunaan pakaian muslim dan memilihnya ketika berbelanja:

1. Toko yang menyediakan pakaian muslim.
Pastikan Anda memilih mall yang hanya menyediakan pakaian muslim. Ketika akan mengajak anak untuk membeli pakaian muslim, jangan mengajaknya ke mall umum dimana banyak jenis pakaian lainnya. Hal ini dimaksudkan agar anak tidak beralih perhatiannya pada pakaian lain. Ajaklah ia ke toko busana muslim sehingga pilihan di dalamnya adalah hanya busana muslim saja.

2. Biarkan ia memilih beberapa.
Jika anak Anda sudah bisa memilih pakaian sendiri, maka bebaskan ia untuk memilih model atau warna yang ia sukai. Mintalah ia untuk memilih 2 atau 3 pakaian namun jika Anda hanya ingin membeli sebuah saja, katakan sebelumnya agar nantinya dari beberapa pakaian tersebut akan dipilih lagi satu yang terbaik. Untuk keputusan akhir tetaplah berada di tangan Anda dengan memperhatikan model busana yang mereka pilih.

3. Hindari berkata jangan.
Jika anak Anda ternyata memilih pakaian yang masih di rasa kurang tertutup, sebaiknya Anda memilihkan yang lain atau meminta ia untuk memilih yang lain terlebih dahulu. Kemudian katakan kelebihan pakaian yang tertutup dibandingkan yang ia pilih sebelumnya.

4. Pilih kerudung atau peci.
Selain memilih pakaian, agar ia tambah bersemangat untuk mengenakan pakaian muslim, Anda juga bisa menambahkan pembelian kerudung atau peci.

Cara memilih busana muslim anak tersebut bukan hanya bisa Anda lakukan untuk pemilihan di mall namun juga ketika Anda membeli dari situs jual beli online. Biarkan anak Anda yang memilih modelnya terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan satu pilihan final dari beberapa pilihan yang mereka buat. Secara bertahap, biasakan anak untuk menggunakan pakaian tertutup sehari-hari misalnya dengan kaos panjang, celana panjang hingga rok panjang meski tidak melakukan aktifitas di luar rumah.

Leave a Reply