Membandingkan Paket Internet Fiber Rumahan Terbaik Di Indonesia

Sambungan internet merupakan kebutuhan pokok pada zaman serba digital saat ini. Ada dua macam jaringan internet yang tersedia, yakni mobile internet yang disediakan oleh para provider seluler untuk penggunaan pada gadget dan internet fiber yang disediakan perusahaan telekomunikasi yang penggunaannya dikhususkan di satu areal saja, seperti di rumah.

Mengenal Lebih Dalam Teknologi Internet Berbasis Fiber
Fiber sendiri merupakan definisi dari serat yang memiliki konsistensi sangat tipis. Untuk dijadikan sebagai jaringan internet, serat-serat tersebut dikumpulkan menjadi satu sehingga dapat menghantarkan data akses yang dibutuhkan. Saat ini, teknologi fiber sendiri sudah menggunakan fiber optik atau serat kaca yang menghantarkan data didukung oleh kecepatan cahaya mencapai 3.000.000 m/s.

Provider Penyedia Internet Berbasis Fiber Di Indonesia
Indonesia sendiri merupakan salah satu pengguna internet tertinggi di dunia. Sebab itu, kebutuhan akan penggunaan internet di negeri ini sangatlah tinggi, terutama di rumah dengan banyak anggota keluarga, mengingat kuota internet yang disediakan operator seluler sangat terbatas, berbeda dengan internet rumahan berbasis fiber yang bersifat unlimited tanpa syarat.

Meski cukup banyak provider penyedia internet fiber, tetapi terdapat dua nama yang paling konsisten dalam pelayanan dan mendapatkan review bagus perihal stabilitas jaringan dari para pelanggannya, yakni Indihome dan Biznet.

Indihome merupakan produk internet berbasis fiber milik Telkom, perusahaan BUMN dan telah sejak dulu dikenal sebagai penyedia internet rumahan terbaik dengan kecepatan akses mencapai 100 mbps. Paket yang ditawarkan oleh Indihome pun beragam, dari yang termurah berupa akses internet saja hingga triple play termasuk berlangganan saluran tv kabel.

Untuk akses internet berkecepatan 10mpbs per bulan oleh Indihome dibanderol Rp. 250.000,- sedangkan paket triple play mencapai Rp. 460.000,- per bulan. Tetapi, keunggulan dari Indihome adalah tarif pemasangan yang sangat murah, yakni hanya Rp. 75.000,- saja di saat para kompetitornya memasang tarif mulai Rp. 750.000,- untuk pemasangan pertama.

Biznet merupakan kompetitor terkuat Indihome saat ini sebagai penyedia teknologi internet berbasis fiber. Tarif berlangganan internet Biznet yang sangat terjangkau menjadi salah satu keunggulannya, yakni hanya Rp. 285.000,- per bulan, di mana sudah termasuk biaya berlangganan saluran premium dengan kecepatan internet mencapai 25 mbps.

Tetapi, perlu dipertimbangkan pula karena tarif pemasangan pertama untuk jaringan internet dari Biznet dibanderol seharga Rp. 1.000.000,- rupiah. Lebih tinggi 10 kali lipat dari tarif pemasangan pertama Indihome. Namun, untuk kestabilan dan kecepatan internet tidak perlu diragukan karena jaringan Biznet terbukti bagus, bahkan di daerah pelosok sekalipun.


Memasang jaringan internet fiber di rumah memang membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan berlangganan paket internet bulanan yang disediakan oleh operator seluler. Namun, hal tersebut berbanding lurus dengan kecepatan serta kestabilan akses yang ditawarkan. Terutama bagi yang membutuhkan akses internet besar dan cepat, memasang internet rumahan merupakan solusi terbaik.

Leave a Reply