Manfaat Susu UHT Itu Apa Sih?

Manfaat Susu UHT Itu Apa Sih?

Keberadaan susu memang sudah sangat dikenal di berbagai kalangan. Baik anak-anak maupun orang dewasa. Dengan berbagai varian rasa yang ditawarkan saat ini, susu UHT ini menjadi susu favorit baik untuk menemani waktu senggang maupun untuk pelengkap gizi harian. Ngomong-ngomong susu UHT itu apasih? UHT kepanjangan dari Ultra High Temperature, ini merupakan metode pengolahan dengan menggunakan teknologi pemanasan tinggi dalam waktu yang singkat. Proses pemanasan tinggi ini juga disebut sebagai proses pasteurisasi.

Proses ini sebenarnya cukup singkat. Susu sapi dipanaskan dalam suhu 138 derajat celcius dalam kurun waktu 2-4 detik saja. Setelah melalui proses tersebut susu langsung di packaging dalam karton atau kaleng steril. Bila dibandingkan dengan susu lainnya, susu UHT ini memiliki waktu simpan yang lebih lama lho, dengan catatan masih dalam kondisi kemasan tertutup dan tidak rusak.

Secara ideal, susu ini bisa bertahan selama 9 bulan tanpa perlu disimpan di dalam lemari pendingin. Namun yang harus diperhatikan adalah, masa simpan yang lama ini dalam kondisi susu belum dalam kondisi terbuka. Jika sudah dibuka dari kemasan aslinya, maka masa simpannya berkurang drastic menjadi 3 sampai 4 hari saja. Lebih dari itu maka susu akan mulai rusak dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Apa Proses UHT Mengurangi Nutrisi Dalam Susu?

Mungkin banyak orang yang khawatir dengan pengolahan secara UHT ini maka kandungan gizi yang ada pada susu turun atau bahkan berkurang drastis. Tidak demikian, dengan pengolahan UHT ini kualitas gizi pada susu tetap terjaga dengan baik. Sebenarnya proses pemanasan dengan suhu tinggi tetapi dengan waktu yang singkat ini memiliki tujuan untuk membunuh semua mikro organisme jahat dan juga menjaga nilai gizi yang ada pada susu tersebut.

Manfaat Penting Susu UHT

Dengan pengolahan yang begitu higienis dan mutakhir, tentunya banyak manfaat yang bisa dirasakan, baik sebagai konsumen maupun produsen dari susu itu sendiri. Manfaat yang bisa ditemukan dalam susu UHT ini antara lain :

1. Memiliki waktu dimpan yang lama

Dengan catatan khusus susu belum dibuka dari kemasan asalnya, maka lama waktu penyimpanan susu ini bisa sampai 9 bulan. Bila sudah dibuka dari kemasan aslinya memang harus dikonsumsi secara cepat, karena masa simpannya turun menjadi 3 sampai 4 hari saja.

2. Nilai gizi yang tinggi

Gizi dari susu UHT sama dengan gizi pada susu sapi. Memang karena bahan dasarnya adalah susu sapi murni. Disamping itu kita bisa menemukan vitamin tambahan lain pada susu ini tergantung cara pengolahan pabriknya. Berbagai multivitamin pendukung juga bisa disisipkan dalam pengolahan susu ini.

3. Sangat mudah dibawa kemana-mana

Simpel, itu kata yang tepat untuk menggambarkan manfaat susu UHT ini. Susu ini sudah banyak di packaging dalam bentuk kardus kemasan susu kecil yang bisa kita bawa kemana-mana. Sehabis olahraga pun kita tinggal menusuk kotaknya dengan sedotan kecil dan susu siap untuk disantap. Tidak perlu lagi susah payah untuk memasak lagi, ataupun mengolahnya dengan ditambah air panas dan tambahan lainnya seperti gula. Dengan system ready to drink nya, susu jenis ini sangat banyak sekali penggemarnya.

Itulah manfaat susu UHT bagi kita, semoga dengan pengetahuan ini kita lebih bisa memilih mana produk yang baik dan yang bisa menunjang keseharian kita secara optimal.

Tinggalkan Balasan