Enam Cara Mengatasi Demam Pada Anak Agar Tidak Bertambah Parah

Enam Cara Mengatasi Demam Pada Anak Agar Tidak Bertambah Parah

Demam yang dialami anak dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti dehidrasi, infeksi bateri maupun virus, gigitan serangga, atau reaksi alergi. Ditambah lagi dengan kondisi daya tahan tubuh anak yang masih lemah, sehingga rentan terkena serangan dari luar. Cara mengatasi demam pada anak beragam dari mulai menggunakan bahan alami hingga obat dari dokter.

Cara Cepat Menurunkan Demam Anak yang Patut Dicoba

– Pijat menggunakan peppermint oil
Saat anak mengalami demam yang disebabkan oleh flu, maka sebaiknya pijat bagian dada, perut, dan punggung menggunakan peppermint oil atau minyak daun mint. Kandungan mentol yang ada di dalam peppermint oil dapat melegakan hidung yang tersumbat, memberikan sensasi hangat untuk tenggorokan, dan menghangatkan tubuh. Anda bisa membelinya di apotek atau toko lain.

– Kompres dengan air hangat
Cara paling umum namun tetap efektif untuk menurunkan demam adalah kompres air hangat. Pastikan menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat, jangan menggunakan air dingin. Dengan menggunakan air hangat, maka akan memicu keringat sehingga tubuh secara otomatis akan menurunkan suhunya. Sedangkan kompres air dingin justru akan meningkatkan suhu tubuh.

– Kenakan pakaian dan selimut yang hangat
Apabila anak mengigil akibat demam, maka segera hangatkan menggunakan selimut dan kenakan pakaian yang juga hangat. Namun, apabila demam tidak menyebabkan anak menggigil, maka cukup kenakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu tebal. Selain itu, usahakan suhu di ruangan selalu sejuk agar suhu panas pada tubuh akan menurun secara perlahan.

– Penuhi kebutuhan cairan tubuh
Saat anak terkena demam, metabolismenya meningkat sehingga menguras cairan di dalam tubuh. Oleh sebab itu, anak memerlukan asupan cairan yang cukup seperti air putih, teh herbal, minuman asam jawa, dan teh jahe. Jenis minuman tersebut sangat bagus untuk membantu menurunkan demam pada anak. Selain itu, rasa minumannya juga enak.

– Beri makanan yang bernutrisi
Demam memang membuat anak tidak selera makan, namun jangan membiarkan keadaan tersebut terlalu lama. Anak justru membutuhkan asupan makanan untuk membantu proses penyembuhannya. Makanan berkuah sangat disarankan seperti sup ayam. Selain itu makanan lain seperti buah-buahan, oatmeal, dan roti gandum. Nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut akan meningkatkan daya tahan tubuh.

– Beri asupan vitamin C
Pemberian vitamin C saat anak demam pun dianjurkan. Manfaat vitamin C sangat besar yaitu membantu menurunkan demam yang diakibatkan karena infeksi bakteri maupun virus. Hal tersebut karena vitamin C mampu melawan peradangan. Vitamin C yang terkandung dalam buah dan sayuran seperti seperti kiwi, stroberi, brokoli, pepaya, mangga, kubis, dan kol.

Penanganan tersebut sudah cukup membantu menurunkan demam apabila gejalanya masih tergolong ringan. Biasanya beberapa hari saja demamnya malah sudah hilang. Namun, apabila demam terjadi lebih lama dengan diiringi gejala seperti diare, muntah, sakit kepala, nyeri pada perut dan telinga, tubuh yang selalu lemas dan kejang maka harus segera diperiksakan ke dokter.

Tinggalkan Balasan