Alternatif Pembersih Makeup dari Bahan Alami yang Aman Bagi Kulit Wajah

Alternatif Pembersih Makeup dari Bahan Alami yang Aman Bagi Kulit Wajah

Produk pembersih makeup yang mengandung alkohol merupakan produk pembersih yang paling sering dipakai oleh para wanita. Padahal produk pembersih ini bisa mengakibatkan kulit kering atau memproduksi minyak berlebih. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda beralih menggunakan pembersih makeup alami yang aman bagi kulit wajah.

• Mentimun
Mentimun menjadi salah satu bahan yang paling sering digunakan dalam produk-produk pembersih wajah terutama untuk menghapus riasan. Mentimun dikenal memiliki efek anti-inflamasi sehingga bisa menyejukkan di kulit, menenangkan kulit iritasi dan mengatasi jerawat.

Cara menggunakan mentimun untuk wajah yakni dengan melembutkan satu mentimun kemudian diusapkan pada permukaan kulit wajah. Untuk membersihkan makeup, cukup dengan menambahkan sedikit minyak zaitun dan susu ke dalam mentimun yang sudah dilembutkan tersebut, kemudian aplikasikan ke wajah.

• Minyak Kelapa
Minyak kelapa juga bisa dijadikan sebagai alternatif pembersih makeup alami. Minyak ini mampu membersihkan sisa makeup maupun kotoran di permukaan kulit wajah tanpa membuat kulit terasa kering. Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan lipstik matte dan maskara dengan mengusapkannya menggunakan kapas lembut.

• Yogurt
Yogurt merupakan alternatif bahan alami pembersih makeup yang sempurna sekaligus mampu meredakan kulit wajah yang terbakar akibat paparan sinar matahari. Cara membersihkan makeup menggunakan yogurt cukup mudah.

Gunakan kapas bersih kemudian celupkan kapas tersebut ke dalam yogurt tanpa rasa. Lalu, gosokkan kapas tersebut ke area wajah dengan gerakan melingkar. Setelah semua makeup terhapus, bilas wajah menggunakan air dingin.

• Susu
Susu whole milk memiliki kandungan protein dan lemak yang bermanfaat untuk melembabkan kulit dan menyamarkan noda hitam pada kulit wajah. Susu memang sudah dikenal baik untuk kulit sejak lama. Bahkan dianggap bisa membantu memperlambat penuaan kulit.

Cara menghapus makeup dengan menggunakan susu yakni mencampurkan satu mangkuk susu dengan satu sendok makan minyak almond. Aduk rata, kemudian usapkan pada area wajah menggunakan kapas atau handuk lembut.

Campuran pisang dan susu juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan makeup. Caranya yakni dengan mencampurkan pisang yang sudah dilembutkan dengan 4 hingga 5 tetes susu murni kemudian aduk hingga merata. Usapkan campuran tersebut ke wajah lalu diamkan sekitar 8 hingga 10 menit kemduian bersihkan wajah dengan air hangat.

• Minyak Zaitun
Minyak zaitun termasuk salah satu bahan alami yang sering dipakai di dalam produk perawatan kulit wajah. Minyak ini memang dikenal mampu melembapkan kulit sehingga wajah terlihat lebih halus, segar dan muda.

Seperti halnya minyak kelapa, minyak zaitun juga efektif untuk menghapus semua jenis kosmetik mulai dari maskara paling gelap hingga lipstik. Sayangnya, minyak zaitun kurang efektif bila digunakan untuk menghapus makeup waterproof namun masih bisa dipakai sebagai makeup remover saat darurat.

Selain bahan-bahan pembersih makeup alami di atas, Anda juga bisa memanfaatkan baby oil atau tisu basah untuk membersihkan sisa makeup. Bahan-bahan ini mudah didapat sehingga cocok dipakai dalam keadaan darurat dan tidak menimbulkan efek samping.

Tinggalkan Balasan