6 Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan dan Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

6 Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan dan Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Jika kamu memiliki riwayat diabetes didalam keluarga ataupun sekarang sedang mengalami kondisi prediabetes, maka sudah seharusnya kamu memperhatikan dan menjaga kadar gula darah dengan ketat. Jika sekarang ini gula darah kamu sudah meningkat, maka hal cepat yang harus dilakukan adalah mengembalikan kadar gula darah tersebut supaya normal kembali. Selain menggunakan obat obatan yang kemungkinannya akan diberikan dokter, untuk bisa menurunkan kadar gula darah juga bisa dengan cara memperbaiki pola makan. Lalu makanan apa saja yang bisa membantu untuk menurunkan dan menjaga kadar gula darah normal?

Berikut dibawah ini 6 makanan yang dapat membantu menurunkan dan menjaga kadar gula darah tetap normal diantaranya yaitu :

1. Ikan Dengan Asam Lemak Omega 3

Supaya kadar gula darah kembali normal, yang harus dihindari tidak hanya gula dan makanan yang manis saja, tetapi juga harus dibatasi makanan yang mengandung lemak tinggi. Untuk menggantinya, kamu bisa saja memilih makanan yang mengandung lemak baik seperti ikan dengan omega 3. Telah banyak penelitian yang membuktikan jika ikan yang mengandung omega 3 ini bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Terlebih lagi ikan ini merupakan makanan yang kaya akan protein sehingga bisa membuat kenyang lebih lama. Ikan yang rendah lemak dan tinggi omega 3 seperti salmon, tuna, kembung, dan halibut (ikan sebelah).

2. Telur

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan rendah lemak memang baik untuk kadar gula darah. Telur merupakan salah satu sumber protein yang bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Pasalnya didalam telur ini tidak adanya kandungan nilai indeks glikemik sedikit pun. Sehingga telur ini bisa dijadikan pilihan sumber protein yang paling tepat bagi mereka yang mengalami prediabetes ataupun yang beresiko tinggi terkena diabetes. Didalam putih telur terkandung protein yang cukup banyak sehingga dapat membantu mencukupi kebutuhan protein harian kamu. Supaya tetap sehat, sebaiknya telur ini diolah dengan cara direbus.

3. Whole Grain Atau Biji Bijian Utuh

Makanan yang aman dikonsumsi bagi gula darah dan tidak akan menyebabkan melonjak secara tiba tiba adalah makanan yang terbuat dari whole grain atau biji bijian utuh. Contoh makanan yang terbuat dari biji bijian utuh ini seperti roti gandum, nasi merah, ataupun oatmeal. Meski makanan yang terbuat dari biji bijian utuh ini termasuk kedalam kelompok karbohidrat, tetapi jenis karbohidrat yang satu ini justru dapat membantu kadar gula darah tetap normal. Pasalnya karbohidrat yang kompleks dan mengandung serat ini akan membuat perut kenyang lebih lama sehingga bisa menahan diri untuk tidak mengemil makanan yang manis.

4. Sayur Sayuran

Segala jenis sayuran harus dijadikan sahabat terbaik ketika kamu ingin terbebas dari berbagai resiko diabetes. Pasalnya sayuran ini merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang cukup ampuh untuk mengendalikan kadar gula darah tetap normal. Dan bahkan adanya penelitian yang menyatakan jika dengan mengkonsumsi sayur ini, maka bisa membantu menurunkan resiko naiknya gula dan diabetes hingga 14 %.

Selain itu masih ada makanan lain yang dapat membantu menurunkan dan menjaga kadar gula darah tetap normal yaitu buah alpukat. Alpukat ini tidak hanya mengandung serat saja tetapi juga sebagai sumber lemak yang baik untuk tubuh.

Tinggalkan Balasan