Penjelasan Jenis Motif dan Corak Batik Paling Populer di Indonesia

Jenis Motif dan Corak Batik – Batik memiliki beraneka macam motif yang berbeda- beda. Tiap motif memiliki corak dan keunikannya sendiri, bahkan untuk beberapa corak batik, mereka memiliki sejarah dan arti yang berbeda- beda. Inilah salah satu alasan batik dinilai sebagai sesuatu yang istimewa dan khas. Penggunaan batik yang khas itu tidak lagi hanya digunakan sebagai motif pada barang- barang berbahan dasar kayu, tetapi juga kain hingga busana. Tahukah kamu arti dari tiap corak motif dari batik- batik tersebut?

Motif batik memiliki arti tersendiri pada setiap coraknya. Mulai dari corak yang dinilai sederhana hingga yang rumit sekalipun. Berikut ini beberapa penjelasan corak motif dari batik.

Jenis Motif dan Corak Batik

1. Motif kawung
Batik dengan motif kawung adalah salah satu yang sering dijumpai. Batik dengan motif ini memiliki kesan repetition yang penuh. Beberapa mengatakan bahwa motif kawung adalah motif batik yang tertua. Sedangkan menurut transformasi desainnya, motif kawung diambil dari gambaran visual buah aren yang dibelah. Empat buah bulatan yang ada merupakan gambaran penampang buah aren yang telah terpotong.

2. Motif parang
Beberapa menyebut motif parang sebagai motif parang rusak sebab pada motifnya, ada kesan pecah- pecah (dari lilin malam) yang cenderung seperti menggambarkan parang rusak. Apa penjelasan corak motif dari batik parang?

Baca :   Model Baju Couple Batik Untuk Muslim

Berbicara mengenai artinya, motif parang rusak menggambarkan pertarungan manusia yang berusaha melawan kejahatan. Kejahatan yang dimaksud adalah sifat- sifat negatif dan keinginan duniawi yang berlebih. Manusia berusaha melawan hal- hal tersebut dan mengubahnya menjadi sifat- sifat positif, seperti bijaksana dan dapat mengendalikan diri sendiri.

3. Motif nitik
Batik dengan motif nitik adalah salah satu yang tertua. Motif ini terinspirasi dari kaum Gujarat, India. Saat ini, motif nitik dapat sering dilihat pada jarik atau kain yang dikenakan oleh orang- orang tua atau sesepuh kita. Motif ini juga menjadi andalan untuk dikenakan di pesta pernikahan.

4. Motif Kraton
Penjelasan corak motif dari batik selanjutnya adalah mengenai motif Kraton. Motif Kraton adalah salah satu motif batik yang sangat khusus. Pada jaman dahulu, motif Kraton ini hanya dapat digunakan oleh keluarga kerajaan saja. Oleh sebab itu, motif Kraton dinilai istimewa dan khusus pada jamannya.

Baca Juga Model Lainnya :

  1. Tutorial Hijab Pashmina Wanita Berkacamata
  2. Model Dress Selutut
Baca :   Koleksi Model Baju Batik Wanita Muslim yang Kekinian Banget!

5. Motif Sudagaran
Motif batik yang satu ini mengandung cerita sejarah yang cukup panjang. Pada jaman dahulu, akibat larangan penggunaan motif Kraton pada kain- kain batik yang biasa digunakan untuk beraktivitas masyarakat, muncullah kaum yang berusaha untuk menciptakan kain yang dapat dipakai rakyat, tetapi dengan motif yang tidak jauh berbeda dengan motif larangan. Para kaum saudagar mencoba mengubah motif batik larangan sesuai dengan keinginan mereka.

Motif barik Sudagaran dinilai lebih ekspresif dan berani dalam pemilihan desain motif, seperti adanya gambar binatang, vegetasi, dan lain sebagainya. Itulah beberapa penjelasan corak motif dari batik yang semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Penjelasan Jenis Motif dan Corak Batik Paling Populer di Indonesia | Kelly Abigail Yahya | 4.5